Unduh 100 Tautan + Desain Twibbon Tahun Baru Imlek yang Menarik 2022

Sebelum membahas link twibbon 100 Imlek 2022 ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu Imlek dan bagaimana sejarahnya. Tahun Baru Imlek sendiri biasanya dirayakan selama 15 hari, dimulai dari tanggal 1 hingga tanggal 15 bulan 1 menurut penanggalan lunar.

tahun baru Imlek

Di Cina, pada awalnya tanggal perayaan awal tahun tidak begitu jelas, terutama sebelum Dinasti Qin. Karena kemungkinan pada masa Dinasti Xia awal tahun dimulai pada bulan ke-1, sedangkan pada masa Dinasti Shang pada bulan ke-12 dan Dinasti Zhou pada bulan ke-11.

Sejak dinasti Shang dan Zhou, bulan kabisat yang digunakan untuk memastikan penanggalan Cina sejalan dengan siklus matahari selalu ditambahkan setelah bulan ke-12. Sementara itu, kaisar pertama Tiongkok Qin Shi Huang menetapkan bahwa tahun Tionghoa dimulai pada tahun 221 SM pada bulan ke-10.

Sedangkan pada masa Dinasti Han yang dipimpin oleh Kaisar Wu Yong Ming pada tahun 104 SM, ditetapkan awal tahun adalah bulan 1 dan berlanjut hingga saat ini. Tujuan penentuan tahun baru adalah agar masyarakat dapat merayakannya sesuai dengan budayanya, yaitu agraris.

tahun baru Imlek

Perayaan Imlek juga sangat erat kaitannya dengan mitos dan legenda. Menurut legenda, pada suatu ketika ada sejenis binatang pemakan manusia (nian) yang muncul di setiap akhir musim dingin. Makhluk-makhluk ini tidak hanya memangsa tanaman tetapi juga ternak dan penduduk desa.

Warga selalu menyiapkan makanan di pintu rumah untuk disantap nian di awal tahun. Hal ini dilakukan agar nian tidak mencuri ternak atau menyerang penduduk desa.

Namun suatu hari, Nian terlihat sangat ketakutan dan kabur saat bertemu dengan seorang anak kecil berbaju merah. Sejak hari itu, sepertinya Nian belum kembali ke desa.

Penduduk kemudian percaya bahwa nian takut dengan warna merah sehingga setiap tahun baru mereka akan menggantung gulungan kertas merah dan lampion di depan pintu mereka. Itulah sebabnya setiap perayaan Imlek selalu dihiasi dengan warna merah.

Salam pembuka

Ada banyak jenis sapaan yang diberikan ketika orang Tionghoa merayakan Tahun Baru Imlek. Diantaranya adalah Gongxi facai yang berbahasa Mandarin, Kung hei fat choi yang berbahasa Kanton, Kiong hi huat cai yang berbahasa Hokkien, dan lain-lain.
Tradisi Unik Dalam Perayaan Tahun Baru Imlek

Perayaan Unik-Tradisi-Dalam-Cina-Cina

Berbicara tentang Imlek tidak lepas dari berbagai keunikan tradisi di dalamnya. Tradisi tersebut antara lain:

  1. Membersihkan Rumah

Orang Cina percaya bahwa membersihkan rumah akan menyingkirkan semua hal buruk yang menghalangi keberuntungan. Sehari sebelum perayaan Imlek, biasanya orang Tionghoa akan membersihkan rumah.

Saat perayaan Imlek, membersihkan rumah sebenarnya dilarang karena dianggap membuang keberuntungan di tahun tersebut.

  1. Dekorasi Rumah

Selain membersihkan rumah, masyarakat Tionghoa juga akan mendekorasi rumah sedemikian rupa menjelang Tahun Baru Imlek. Mulai dari mengecat ulang pintu dan jendela, hingga menempelkan kata-kata manis yang tertulis di kertas dan hiasan lainnya.

  1. Semua pernak-pernik merah

Ciri khas perayaan Imlek adalah dekorasi dan pernak pernik dengan warna dominan merah. Warna merah sendiri dianggap sebagai simbol kemakmuran dan membawa hoki.

Selain itu, warna merah juga dipercaya mampu menangkal kekuatan jahat yang pada zaman dahulu digambarkan sebagai nian, yaitu makhluk liar yang selalu muncul di akhir musim dingin.

  1. Tahun Baru Cina

Seperti perayaan hari besar lainnya, perayaan Imlek juga identik dengan hidangan spesial. Diantaranya adalah kue keranjang dan buah jeruk. Selain itu, dalam perayaan Imlek juga disajikan 12 jenis makanan yang melambangkan 12 shio dalam kepercayaannya.

Beberapa di antaranya adalah ayam utuh yang melambangkan kemakmuran dalam keluarga, mie panjang yang tidak bisa patah saat dimakan karena melambangkan umur panjang. Sampai kue lapis legit yang merupakan simbol keberuntungan lapis.

  1. Pantang dalam Perayaan Tahun Baru Imlek

Tradisi merayakan Imlek juga erat kaitannya dengan beberapa pantangan. Seperti tidak boleh makan bubur karena bubur dianggap sebagai simbol kemiskinan. Dan jangan mengambil ikan di bagian bawah dan biarkan untuk dimakan keesokan harinya.

  1. Petasan dan Kembang Api

Tidak bisa dipungkiri bahwa petasan dan kembang api sangat erat kaitannya dengan perayaan tahun baru. Begitu juga dengan tradisi Imlek yang selalu dimeriahkan dengan petasan dan kembang api.

Selain memeriahkan perayaan Imlek, membakar petasan dan kembang api juga menjadi tradisi yang wajib dilakukan karena dianggap mampu menangkal sial dan mendatangkan kebahagiaan di tahun berikutnya.

Sumber :