Cara mengambil tangkapan layar di iPhone XR dengan dan tanpa tombol

Screenshot merupakan salah satu hal yang cukup penting bagi pengguna iPhone, namun masih banyak pengguna yang belum memahami cara mengambil screenshot di iPhone XR. Terutama pengguna baru yang tidak mengerti cara menggunakan fitur ini, jadi teruslah membaca artikel ini.

Screenshot adalah aktivitas penting bagi pengguna smartphone termasuk pengguna iPhone. Fitur ini dapat digunakan untuk mengabadikan momen tertentu hanya dengan mengambil screenshot.

Tentunya untuk menggunakan fitur ini caranya berbeda di beberapa tipe varian iPhone sebelumnya. Jadi, jika kamu bingung bagaimana cara menggunakan fitur scremshot, kamu harus membaca artikel ini sampai selesai.
Cara mengambil tangkapan layar di iPhone XR menggunakan tombol

Screenshot adalah gambar dari layar smartphone Anda dan kemudian menyimpannya langsung ke galeri. Terkadang banyak momen penting yang tidak bisa ditangkap oleh kamera, sehingga screenshot menjadi fitur yang penting untuk dimiliki.

Nah, setiap smartphone termasuk iPhone tentunya memiliki fitur ini dengan cara yang berbeda-beda. Penggunaan fungsi ini di iPhone XR juga berbeda dengan varian sebelumnya. Ada dua metode untuk menggunakan fungsi ini: dengan tombol.

Tentunya menggunakan tombol ini cukup rumit dan juga kurang praktis. Namun, tidak ada salahnya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jika cara buttonless tidak akan berhasil.

Berikut cara mudah mengambil screenshot di iPhone XR:

Langkah pertama adalah membuka halaman yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.
Setelah itu, tekan tombol Daya dan Volume Turun bersamaan selama beberapa detik.
Kemudian, ketika Anda mendengar suara "klik" dan layar berkedip, itu berarti Anda telah berhasil memotret layar.
Hasil screenshot ini secara otomatis ditambahkan ke galeri smartphone Anda.
Anda dapat melihat dan mengedit tangkapan layar di app Foto di iPhone.

Cara mengambil tangkapan layar tanpa menggunakan tombol

Nah itu tadi untuk cara yang rumit. Kemudian coba cara yang lebih praktis, yaitu mengaktifkan fitur assist touch. Setelah itu, Anda dapat menggunakan fitur screenshot hanya dengan satu klik. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang berbeda.

Pertama, aktifkan fitur Assistive Touch dengan membuka “Pengaturan”.
Kemudian gulir ke bawah dan cari menu "Aksesibilitas".
Selanjutnya, klik pada bagian "Fisik dan Motor".
Setelah itu, selanjutnya, ketuk tombol “Assistive Touch” untuk mengaktifkannya.
Setelah fungsi ini aktif, masukkan halaman yang ingin Anda pindai.
Kemudian cukup klik tombol sentuh bantuan sekali.
Kemudian pilih menu perangkat dan klik Lainnya.
Kemudian langkah terakhir adalah mengetuk tombol Screenshot.

Menggunakan fitur ini lebih mudah daripada harus mengklik tombol power dan volume terlebih dahulu. Namun, ini hanya masalah selera, beberapa orang juga lebih suka metode screenshot pertama yang menggunakan tombol.
Penyebab Tidak dapat screenshot iPhone XR

Namun, jika Anda telah menggunakan cara di atas tetapi masih tidak dapat mengambil tangkapan layar, iPhone Anda mungkin bermasalah. Nah, inilah beberapa alasan mengapa Anda tidak bisa memindai iPhone XR.

Penyebab pertama yang dapat mencegah Anda menggunakan fitur ini adalah tombol yang mendukung fitur ini bermasalah. Bisa jadi tombol power dan tombol volume bawah pada iPhone Anda mengalami masalah.

Sumber :