Cara Daftar UMKM Online (BLT) Lengkapi Syarat ini Pasti Dapat

Cara Daftar UMKM โ€“ Hello guysโ€ฆ gimana kabarnya? Semoga sehat terus ya, apalagi dimasa pandemi kayak gini nih harus selalu waspada dalam menjaga kesehatan.

Kalau mimin boleh tahu nih, selama pandemi ini dampak apa yang paling kalian rasain gaes? Banyak juga kan yaa yang terpaksa harus kehilangan pekerjaan hingga usahanya terpaksa harus gulung tikar.

Kalau ngomongin soal itu mimin jadi sedih nih guys, tapi semoga aja pandemi ini cepet berlalu dan semuanya kembali normal lagi ya, aamiin.

Nah, dalam membantu rakyatnya yang terkena dampak dari adanya virus corona, pemerintah ngasih bantuan berupa BLT (Bantuan Tunai Langsung) sama para pelaku UMKM nih.

Bagi kalian yang punya usaha UMKM udah pada daftarin usahanya belom? Kalau belum, wajib daftarin usaha kalian nih biar bisa dapet bantuan dari pemerintah.

Siapa tau emang rezeki kalian, gak ada salahnya buat berusaha dulu ya kan. Soalnya pemerintah cuma ngasih bantuan UMKM yang emang udah terdaftar aja nih.

Tenang aja gaes, sekarang buat daftar UMKM gak perlu ribet harus datang ke kantor pelayanannya kok. Zaman kan semakin canggih nih, jadi kalian bisa daftarin usaha UMKM kalian secara online.

Tapi, buat daftarin usaha kalian ada data-data yang harus kalian siapin dulu nih, biar pas daftar gak kebingungan cari-cari datanya dulu.

โ€œApa Aja Min Data yang Harus Disiapin?โ€

Syarat Daftar UMKM Terbaru

Sebelum kalian mulai proses pendaftaran (Cara Daftar UMKM), mimin saranin buat nyiapin data-data yang dibutuhin dulu nih.

Biar pas disuruh ngisi formulir kalian gausah kelamaan nyari datanya dulu. Jadi lebih gampang gitu maksudnya pas ngisi data kalian.

Terus apa aja data yang wajib kalian siapin? Ini nih data yang wajib kalian siapin dulu, cekidottt.

  • โœ… Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • โœ… Nomor Kartu Keluarga (KK)
  • โœ… Nama lengkap sesuai KTP
  • โœ… Alamat lengkap sesuai KTP
  • โœ… Nomor telepon yang aktif
  • โœ… Bidang usaha yang kalian jalanin

โ€œCara Daftarnya Gimana Min?โ€

Untuk (Cara Daftar UMKM) daftar UMKM bisa datang langsung ke kantor dinas pelayanannya, tapi kalau kalian gamau antri lama di kantor dinas pelayanannya, bisa juga kok daftar lewat online. Caranya? Gampang banget gaes. Nih mimin jelasin caranya.

  • โœ… Buka link pendaftarannya, yaitu โ€œoss.go.idโ€
  • โœ… โ€œBuat akunโ€ terlebih dahulu kalau kalian belum punya akun
  • โœ… Kalau udah punya akun langsung klik โ€œMasuk/Loginโ€
  • โœ… Jika kalian udah bisa login, tinggal klik โ€œPerizinan Berusahaโ€
  • โœ… Terus pilih menu โ€œPeroranganโ€ ya gaes
  • โœ… Setelah itu, kalian pilih jenis usaha yang kalian jalanin (mikro, menengah atau kecil) buat daftar Nomor Induk Berusaha (NIB)
  • โœ… Nah, isiin data diri kalian ya di formulirnya
  • โœ… Kemudian klik aja โ€œSimpan dan Lanjutkanโ€
  • โœ… Selanjutnya, pilih menu โ€œTambah Usahaโ€
  • โœ… Terus isi lagi data-data yang diminta ya gaes. Ngisi datanya harus bener ya
  • โœ… Kalau udah, klik lagi โ€œSimpan dan Lanjutkanโ€
  • โœ… Guys, kalau usaha kalian termasuk golongan usaha kecil, maka kalian harus ajuin โ€œIzin lokasi dan lingkunganโ€ ya
  • โœ… Setelah itu, klik aja โ€œSelanjutnyaโ€
  • โœ… Periksa rangkuman data yang udah kalian isi sebelumnya. Pastiin kalau data yang kalian input udah bener
  • โœ… Udah deh tinggal โ€œCeklisโ€ di kolom disclaimer kemudian klik โ€œProses Pembuatan NIBโ€

Nah, itu ya guys caranya buat daftarin UMKM yang kalian punya. Kalau udah punya NIB, berarti kalian udah bisa nih daftarin diri biar dapet BLT UMKM dari pemerintah.

Mau tahu juga gak nih caranya gimana buat daftarin diri jadi penerima bantuan UMKM? Mau? Beneran mau? Eits, tapi kalian harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlakunya dulu yaa.

โ€œApa Min Syarat Daftar Bantuan UMKM?โ€

Sebelum daftar buat jadi penerima bantuan UMKM, kalian pada wajib banget nih memenuhi syarat dan ketentuan penerima bantuan tunai UMKM.

Kalau kalian gak memenuhi syarat dan ketentuan ini, ya mau gak mau kalian gak bisa dapet bantuan dari pemerintah guys L

Tapi apa aja sih sebenernya syarat dan ketentuannya? Nih mimin kasih tahu ke kalian biar kalian ntar gak kecewa kalau ternyata gak memenuhi persyaratannya.

  • โœ… Pertama, kalian itu harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • โœ… Terus kalian juga wajib punya KTP Elektronik yang aktif
  • โœ… Punya Usaha Mikro, Kecil, atau Menengah (UMKM) yang terdaftar
  • โœ… Kalian bukan bagian dari anggota TNI/Polri, Aparatur Sipil Negara, dan juga pegawai BUMN/BUMD
  • โœ… Tidak sedang nerima dana Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Jadi udah jelas kan guys apa aja syarat yang wajib kalian penuhi biar bisa daftar jadi penerima bantuan UMKM pemerintah?

Kalau kalian memenuhi syarat-syarat diatas, kalian bisa nih langsung capcus daftar jadi penerima bantuan UMKM. Kasih tau caranya dong min! Hmmm kasih tahu gak yah?

โ€œMin, Kasih Tahu Caranya Daftar Bantuan UMKM Dong!โ€

Yowis Yowiss, karena mimin ini kan terkenal sebagai mimin yang baik hati, suka menolong, dan tidak sombong, jadi mimin juga mau kasih tahu caranya supaya bisa dapet BLT UMKM.

Tapi kalau udah dikasih tahu janji ya mampir terus ke laman web mimin hehe. Pengen ngerti kepiye carane toh? Lah iki loh carane, simak sing apik.

  • โœ… Pertama, siapin dulu ya berkas yang diperluin
  • โœ… Apa aja berkasnya min? berkasnya tuh KTP, KK, Surat Keterangan Usaha (SKU) atau NIB, sama foto usaha kalian
  • โœ… Udah siap nih min berkasnya! Yauda kalau udah disiapin, kalian datang aja ke Kantor Dinas Koperasi dan UMKM setempat sesuai tempat tinggal kalian, yang deket-deket aja ya gausah yang jauh-jauh
  • โœ… Nah kalian tinggal bilang aja ke petugasnya mau buatย  pengajuan nerima bantuan UMKM
  • โœ… Setelah itu, petugasnya bakal ngecek kelengkapan berkas yang diperluin dan verifikasi identitas kalian
  • โœ… Kalau kalian berhasil verifikasi identitas dan berkas kalian udah lengkap, maka petugas bakal langsung daftarin kalian jadi penerima bantuan UMKM
  • โœ… Udah deh selesai, kalian bisa ngecek nama kalian masuk kedalam daftar penerima BLT secara online.

Piye, gampang toh? Mimin doain biar usaha kalian lancar terus dan buat yang bener-bener membutuhkan bantuan UMKM dari pemerintah ini bisa segera dapet ya.

Yowis nek ngono mimin pamit sek ya. Muga wae penjelasan mimin iki berkah lan bermanfaat. Sehat-sehat sedaya nggih rek, matur suwun.