5 Rekomendasi Alat Pemompa Bola Sepak Terbaik

5 Rekomendasi Alat Pemompa Bola Sepak Terbaik

Sepak bola adalah salah satu olahraga paling populer di dunia. Termasuk di Indonesia, masa kecil kita begitu identik dengan olahraga satu ini. Tak peduli era dan tahun berapa kita lahir, hampir semua (terutama pria) pernah merasakan nikmatnya bermain sepak bola di tanah lapang dekat rumah.

Salah satu momen paling menyebalkan adalah ketika bola kempes. Solusinya adalah tinggal dipompa dengan alat. Tapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis dan cara memompa bola? Oleh sebab itu kali ini kami akan merekomendasikan alat pemompa yang terbaik berikut cara memompanya.

Jenis-jenis alat pemompa

Tipe “pump” atau pompa

Tipe ini dilakukan secara manual. Meski praktis pada awalnya, tapi lumayan melelahkan jika jumlah bolanya cukup banyak.

Tipe pompa ini cukup populer, selain karena harganya murah, ukurannya juga ringan dan praktis untuk dibawa kemana saja. Karena ukurannya yang minimalis, pompa ini bisa dimasukkan ke dalam perlengkapan saat tim sedang melakukan perjalanan away. Saat memilih pompa jenis ini, perhatikan ukuran dan kemudahan untuk dibawa. t

Tipe pemompa sepeda

Kalau yang satu ini lebih populer dengan sebutan “pompa sepeda”. Hal ini tidak mengherankan karena memang pompa ini sering dipakai untuk memompa ban sepeda. Untuk menggunakan ini, Anda membutuhkan jarum untuk mengalirkan udara dari pompa. Anda bisa membeli jarum tersebut di toko sepeda atau toko peralatan serba guna. Gunakanlah produk ini ketika Anda kebetulan juga memiliki sepeda. Karena tipe ini berukuran besar dan repot untuk dibawa ke perjalanan jauh.

Tipe pompa listrik


Tipe yang satu ini beroperasi dengan bantuan tenaga listrik. Anda hanya tinggal memasukkan ke dalam lubang dan otomatis udara akan mengalir tanpa perlu tenaga atau aktifitas fisik. Harganya sedikit lebih mahal tapi cocok apabila tim Anda memiliki bola dalam jumlah banyak.

Tipe ini terbagi menjadi dua jenis: dengan kabel dan yang dapat di-charge.

Untuk yang berkabel, cek dulu panjang kabelnya dan seberapa panjang kabel tersebut. Sedangkan untuk yang bisa di-charge, periksa waktu yang dibutuhkan setiap satu kali pengisian dan jumlah udara yang dialirkan.

Cara memompa bola sepak dengan benar

Waspada terhadap cedera

Ujung alat pemompa ini biasanya berukuran kecil dan terbuat dari metal. Oleh sebab itu berhati-hatilah supaya tidak over dalam memompa, karena jika pecah atau meledak, pecahannya akan melukai.

Gunakan lubricant oil

Sebelum memasukkan ke dalam bola, gunakan minyak pelicin atau lubricant oil ke pentilnya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses masuknya pentil ke dalam lubang dan tidak merusak bola atau pentilnya.

Perhatikan dan sesuaikan tekanan

Meski jumlah tekanan udara berbeda-beda tergantung jenis pompa dan ukuran bola, penting untuk mengetahui berapa tekanan normal untuk setiap bola sepak. Biasanya jumlah tekanan udara normalnya terletak di lubang masuknya. Cara untuk mengetahui tekanan udara pada bola adalah dengan cara melekukkan dengan kedua tangan sepanjang 2 mm. Penuhi bola Anda dengan tekanan udara secukupnya supaya awet dan tahan lama.

Standar tekanan pada bola dan penyebab udara keluar

Menurut FIFA, standar tekanan udara pada bola adalah sebesar 8-12 psi. Dalam artian apabila bola dijatuhkan maka ia akan memantul setinggi 60 cm. Sedangkan penyebab udara keluar adalah timbulnya lubang-lubang kecil yang lambat laun akan menghabiskan udara keluar.

5 rekomendasi alat pemompa bola sepak terbaik

Berikut ini kami akan menulis daftar ‘5 rekomendasi alat pemompa bola sepak terbaik’ yang bisa Anda jadikan referensi.

5. Ballpump Pompa

Lihat di Tokopedia

Lihat di Bukalapak

Lihat di Shopee

Pemompa ini bisa digunakan untuk bola dan balon. Cara menggunakannya 100% manual dengan tangan. Ukurannya ringan dan bisa dibawa kemana saja. Namun karena manual dengan tangan maka waspadalah jangan sampai Anda lelah karena terlalu banyak menggunakannya.

4. Intex Hi-Output Air Pump

Lihat di Tokopedia

Lihat di Bukalapak

Lihat di Blibli

Lihat di Lazada

Lihat di Shopee

Intex Hi-Output Air Pump digunakan untuk memompa balon, kolam renang anak, dan bola. Nozzle-nya tersedia dalam tiga ukuran yang cocok dengan semua valve. Kualitasnya baik dan terbuat dari bahan plastik yang awet dan tahan lama.

3. Bestway Electric Pump

Lihat di Tokopedia

Lihat di Bukalapak

Lihat di Blibli

Lihat di Lazada

Lihat di Shopee

Pompa listrik dari Bestway ini nyaman dan tidak terlalu berat. Istimewanya, pompa ini dilengkapi tiga valve berbeda yang mampu menyesuaikan dengan ukuran obyek yang akan dipompa. Pompa ini selain untuk mengembangkan juga bisa untuk mengempiskan.

2. Bestway Air Hammer

Lihat di Tokopedia

Lihat di Bukalapak

Lihat di Blibli

Lihat di Lazada

Lihat di Shopee

Masih dari Bestway, kali ini yang akan kami perkenalkan adalah tipe manual. Pompa ini bisa dipakai untuk mengembangkan atau mengempiskan dengan tinggal memasang selang yang cukup panjang. Tersedia dalam tiga ukuran katup yang berbeda.

1. Wheel Up Air Pump

Lihat di Tokopedia

Lihat di Bukalapak

Lihat di Blibli

Lihat di Lazada

Lihat di Shopee

Pompa ini hadir dalam dua jenis: presta valve dan schrader valve sehingga dapat mengisi beberapa jenis ban, balon, atau bola. Pompa berjenis manual ini terbuat dari bahan aluminium yang kokoh dan tahan lama. Jika Anda mencari pompa yang mudah dibawa dan awet, produk inilah jawabannya.

Kesimpulan

Demikianlah daftar rekomendasi dari kami mengenai jenis-jenis pompa bola terbaik untuk Anda. Isilah udara pada bola secukupnya dan ingat untuk selalu memperhatikan pentil dan katupnya supaya tidak cepat rusak.

Sepak bolaカテゴリの最新記事

Bitnami