10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik

10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik

Selain tenis meja dan tenis, bulu tangkis adalah olahraga yang populer dengan raket. Sekarang ini banyak raket yang beredar di pasaran dengan kualitas yang beragam. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan kualitas raket jika ingin bermain dengan maksimal.

Berdasarkan hal tersebut, kali ini kami akan merekomendasikan 10 raket bulu terbaik untuk Anda. Yuk, kita simak.

Cara memilih raket bulu tangkis

Berikut ini adalah faktor-faktor yang menjadi poin utama dalam memilih raket.

  • Bobot
  • Kelenturan batang
  • Ukuran gagang
  • Tarikan senar
  • Bahan baku

Bobot

Poin pertama yang harus dilihat ketika memilih raket adalah bobot raket. Satuan berat untuk raket ditandai dengan huruf “U”. Semakin tinggi jumlah Unya, semakin ringan raket tersebut. Contohnya, 5U= 75 sampai 80 gram, 4U= 80-85 gram, 3U= 85-90 gram, 2U= 90-95 gram. Meski perbedaannya tipis, tapi selisih 5 gram memiliki perbedaan besar yang dapat berpengaruh pada kenyamanan Anda. Apalagi ketika Anda bermain dalam jangka waktu yang lama.

Raket yang ringan memang mudah untuk dimainkan dan cocok untuk para pemula, pelajar Sekolah Dasar, dan wanita. Sedangkan, raket yang lebih berat cocok untuk pria, mahasiswa, dan pelajar SMA yang sudah mahir atau ikut ekstrakurikuler. Pilihlah raket yang beratnya sesuai dengan Anda supaya Anda bisa lebih maksimal dalam bermain.

Kelenturan batang

Selanjutnya kita lihat batang raket. Anda harus mengecek apakah batangnya lentur atau tidak. Karena ini akan mempengaruhi kekuatan pukulan Anda nantinya.

Batang raket yang lentur akan memudahkan Anda untuk melakukan smash dengan keras. Maka, raket berbatang lentur ini cocok untuk para pemula. Sementara itu, raket dengan batang yang kaku lebih cocok untuk yang mengandalkan kekuatan dan serangan cepat. Hanya saja pantulannya lebih lemah dari yang lentur. Maka dari itu dibutuhkan tenaga dan kecepatan ekstra dari pergelangan tangan ketika menganyunkan raket ini.

Ukuran gagang

Selanjutnya kita pindah ke gagang raket atau handgrip. Semakin rendah bobot dari batang raket, semakin kecil ukurannya, maka pegangannya akan semakin tipis atau tebal. Pilihalah gagang yang diameternya cocok untuk tangan Anda.

Biasanya raket para atlet berkisar di 4 sampai 6U, untuk para pemula Anda bisa mengecek dengan cara mengayunkan terlebih dahulu. Raket bergagang kecil cocok untuk yang tangannya kecil. Selain mudah digunakan, kelenturannya membuat Anda mampu melakukan banyak tehnik dan gerakan ofensif. Sedangkan untuk raket bergagang besar cocok untuk Anda yang bertangan besar dan lebih mengandalkan tenaga. Cocok untuk Anda yang menggemari pukulan keras.

Senar

Elemen penting selanjutnya adalah senar. Setiap raket memiliki tarikan senar yang berbeda-beda. Semakin kaku senarnya, maka kekuatan pukulannya akan semakin lemah, tetapi pukulan Anda jadi lebih akurat. Begitu juga dengan ketebalannya, semakin tebal maka pukulan Anda semakin lemah tapi makin akurat.

Kesimpulannya, tarikan senar pada tiap raket memiliki kekuatan dan fungsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu carilah raket dengan tarikan senar yang cocok dengan tipe permainan Anda. Untuk yang masih pemula, sebaiknya pilih raket dengan 16-18 tarikan atau 20-24 tarikan jika Anda ingin sedikit menambahkan.

Bahan baku

Karbon

Hampir sebagian besar raket di kompetisi terbuat dari bahan baku karbon. Keistimewaannya terletak pada lekukan yang tidak terdapat di raket berbahan metal. 

Lekukan pada raket ini sangat berguna saat melakukan serangan. Sebuah poin plus ketimbang raket berbahan metal.

Aluminium

Karena terbuat dari metal, raket ini tidak akan patah meski berkali-kali jatuh ke lantai. Kemudian, raket berbahan dasar aluminium juga lebih ringan ketimbang yang terbuat dari baja.

Raket ini tidak cocok untuk kompetisi. Oleh sebab itu, raket ini kami rekomendasikan untuk Anda yang masih pemula dan hendak belajar timing atau tehnik memukul

Besi

Bahan baku lain yang biasanya digunakan adalah besi. Meski begitu, raket bebahan dasar besi tidak digunakan untuk kompetisi karena tenaganya yang begitu kuat ketika menghantam kok. Oleh karena itu, raket ini lebih banyak digunakan sebagai mainan.

10 rekomendasi raket bulu tangkis terbaik

Selanjutnya kami akan memberitahu Anda ’10 rekomendasi raket bulu tangkis terbaik.’

10. Yonex Nanoray 900

Lihat di Tokopedia

Lihat di Bukalapak

Lihat di Blibli

Lihat di Lazada

Raket terbaru dari Yonex, selaku produsen raket terkemuka. Nanoray memberikan ayunan dan kontrol dengan kekuatan repulsif yang ditingkatkan melalui Aero frame terbaru. Nanoray dirancang untuk pemain yang menekan lawan ke belakang lapangan dengan kecepatan tinggi.

Bagian atas frame-nya lebih tipis dan mampu meminimalisir hambatan udara untuk kecepatan kepala yang lebih besar. Cocok untuk Anda yang memiliki gaya bermain ofensif.

9. Victor Arrow Power 990

Lihat di Tokopedia

Lihat di Bukalapak

Raket ini adalah salah satu yang terbaik di ASEAN dalam kategori power dan speed. Raket ini memiliki bobot sebanyak 4U sehingga ringan dan cocok untuk wanita dan anak-anak. Ukuran batangnya juga hanya 6,8 dan menjadikannya salah satu yang tipis. Selain itu, gagang raket ini berukuran G5 dan cocok untuk Anda yang bertangan kecil.

8. Yonex Duora 10

Lihat di Tokopedia

Lihat di Bukalapak

Lihat di Blibli

Lihat di Lazada

Raket ini merupakan salah satu andalan dari Lee Chong Wei, peraih medali dari Olimpiade London 2012 dan Rio 2016. Raket ini memiliki bobot sebanyak 88 gram alias 3U. Raket ini dirancang dalam dua sisi, dimana sisi yang Anda gunakan akan cocok dengan jenis pukulan Anda, entah itu forehand atau backhand. Raket ini bertipe all-round dan cocok digunakan untuk semua level.

7. Yonex Voltric Z Force

Lihat di Tokopedia

Lihat di Bukalapak

Lihat di Blibli

Lihat di Lazada

Ini adalah salah satu raket paling tipis yang pernah dibuat oleh Yonex. Meskipun begitu, raket ini memiliki tingkat kelenturan yang cukup kaku. Maka untuk Anda yang masih pemula sebaiknya jangan memakai raket ini karena cukup berat. Sebaliknya, bagi Anda yang mempunyai pergelangan tangan yang kuat dan mengedepankan power maka raket ini sangat cocok untuk Anda.

6. Adidas P800

Lihat di Tokopedia

Lihat di Bukalapak

Sebagai pemain baru di ranah bulu tangkis, Adidas memang tidak terlalu menonjol. Namun bukan berarti mereka kekurangan produk bagus, raket jenis Adidas P800 ini adalah salah satunya.

Raket ini cocok untuk Anda yang menyukai tehnik pukulan spin. Dibuat dari bahan karbon dengan tarikan senar sebesar 22/22, raket ini dapat Anda jadikan bahan pertimbangan.

5. Carlton Airblade 37

Lihat di Tokopedia

Lihat di Bukalapak

Lihat di Lazada

Raket ini didesain dengan gagang yang tak membuat tangan Anda mudah berkeringat sehingga sangat mudah untuk digenggam. Keistimewaan produk ini adalah ketahanannya yang awet dan seimbang saat digunakan, entah itu untuk backhand, forehand, atau smash.

4. Li-Ning N90 III

Lihat di Tokopedia

Lihat di Bukalapak

Lihat di Blibli

Lihat di Lazada

Li-Ning N90 III adalah generasi ketiga dari seri Li-Ning N90. Daya tarik utama dari produk ini adalah kelenturannya yang sangat fleksibel. Anda tidak perlu banyak tenaga untuk menghajar lawan Anda di pertandingan nanti. Bobotnya sendiri berada di ukuran standar, sebesar 3U, jadi Anda tidak perlu repot-repot beradaptasi. Gagangnya juga cocok untuk Anda yang bertangan kecil.

3. Pro Ace Power Ace 99

Lihat di Tokopedia

Lihat di Bukalapak

Lihat di Blibli

Lihat di Lazada

Rekomendasi berikutnya dari kami jatuh kepada Pro Ace Power Ace 99! Raket ini terbuat dari bahan karbon yang cukup solid sehingga tahan lama dan tidak mudah patah. Raket ini memiliki bobot sebesar 84 gram dan nyaman digunakan oleh Anda yang tidak mengedepankan kekuatan fisik.

2. Yonex Arcsaber 11

Lihat di Tokopedia

Lihat di Bukalapak

Lihat di Blibli

Lihat di Lazada

Arcsaber merupakan seri klasik dari raket Yonex. Sempat populer pada tahun 2011-2013. Raket ini menawarkan presisi dan cocok untuk digunakan oleh Anda yang mengandalkan kecepatan dan kelincahan ketika bermain. Raket ini pernah diproduksi secara khusus untuk penghormatan kepada legenda bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat.

1. Li-ning Ultra Carbon 5200


Lihat di Tokopedia

Lihat di Lazada

Produk keluaran Li-Ning ini memiliki batang raket yang tipis dan kaku. Meskipun begitu, Anda tetap mampu memukul kok dengan sangat kencang dan akurat tanpa tenaga yang terlalu kuat.

Raket ini terbuat dari bahan high carbon untuk framenya dan carbon fiber untuk gagang atau gripnya. Intinya, raket ini cocok untuk Anda yang menyukai pukulan keras tanpa harus bekerja keras.

Kesimpulan

Untuk kali ini, selesai sudah ’10 Rekomendasi Raket Bulu Tangkis Terbaik’ versi kami.

Intinya, banyak hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih raket. Mulai dari bobot, ukuran gagang, kelenturan batang, serta bahan baku yang dipakai.

Bobot raket akan memberi perubahan tiap gramnya, batang yang lentur atau kaku juga mempengaruhi lekukan raket yang diayunkan. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari spesifikasi tiap raket demi menyesuaikan dengan gaya permainan dan tentunya kenyamanan Anda.

Pilihlah raket yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Badmintonカテゴリの最新記事

Bitnami